Friday, May 3, 2013

SYARAT MENJADI PILOT


syarat pilotThis is a featured page
SYARAT PILOT UMUM YANG BIASA DITERAPKAN DI INDONESIA

1.) Untuk flying school seperti STPI Curug,Penerbangan Militer biasanya hanya menerima lulusan SMU IPA
sedangkan untuk flying school swasta dan beasiswa pilot biasanya menerima lulusan setingkat SMU (SMK,MTS)
2.) biasanya akan menargetkan minim panjang kaki dari pangkal paha 100cm
2.) harus lulus tes kesehatan meliputi jantung,mata dll.
3.) Harus lulus test bahasa inggris yang diadakan flying school tersebut.(bahasa inggris sangat menentukan)
4.) Pengetahuan umum Penerbangan.
5.) Cepat dalam berkalkulasi matematik dan fisika.
6.) Biasanya bila sudah lulus semua persyaratan diatas,calon siswa akan diajak terbang oleh instruktur untuk mengetahui takut tidaknya siswa akan ketinggian dan juga syaraf motorik siswa,serta tanggapnya siswa akan persoalan yang biasa diberikan instruktur kepada calon penerbang.
Test tersebut biasa disebut (altitude test)
APAKAH MADSUD DARI PPL + CPL+ IR + ME + ATPL + VFR

Terima kasih sebelumnya atas pertanyaan dari Gofur Adrian dari SMUN 2 Solo ke email penerbanganbogor@yahoo.comRedaksi akan menjawab sesuai kemampuan,semoga memuaskan.Seperti halnya profesi lain, pilot juga mempunyai beberapa tingkatan ijin. Ini terkait dengan kemampuan dan jam terbang pilot bersangkutan. Secara umum lisensi pilot terdiri dari PPL, CPL, ATPL.

PPL (Private Pilot License)PPL adalah lisensi paling dasar bagi pilot. Pemegang lisensi ini diperkenankan menerbangkan pesawat untuk kepentingan sendiri dan tidak diperbolehkan membawa penumpang dan dibatasi pada pesawat bermesin tunggal. Selain itu pilot yang hanya mempunyai lisensi PPL hanya diperkenankan terbang pada siang hari dan tidak terbang untuk dibayar (non komersial). Di Indonesia PPL mensyaratkan jam terbang sejumlah 60 jam terbang.

CPL (Commercial Pilot License)
Pemegang lisensi CPL diperkenankan menerbangkan pesawat bermesin tunggal, diperkenankan membawa penumpang (berbayar atau tidak) dan diperkenankan untuk penerbangan komersial tanpa kru (sebatas pada penerbangan baliho, penyemprotan kebun, pemadaman api, pesawat sewaan, laporan lalulintas, pemotretan udara bahkan instruktur terbang). Selain itu juga diperkenankan untuk terbang pada malam hari. CPL adalah syarat minimal pilot komersial. Di Indonesia CPL mensyaratkan 200 jam terbang.

ATPL (Airline Transport Pilot License)
ATPL adalah tingkatan tertinggi kemampuan pilot. ATPL disyaratkan untuk pilot yang bekerja di airline dengan penerbangan terjadwal. Pilot pemegang lisensi ini juga diperkenankan menerbangkan pesawat dengan kru (dua kru atau lebih), pesawat dengan penumpang/kargo besar. ATPL mensyaratkan 1500 jam terbang. Selain lisensi, seorang pilot biasanya juga memiliki sertifikat rating untuk menunjukkan kualifikasi tertentu yang dimiliki pilot bersangkutan. Rating ini meliputi ME, IR, dan rating untuk tipe pesawat. Kualifikasi

ME (Multi Engine) kualifikasi lisensi ini diperlukan jika pilot akan menerbangkan pesawat dengan mesin ganda.

IR (Instrument Rating)
kualifikasi diperlukan pada penerbangan malam atau penerbangan ada jalur IFR (Instrument Flight Rule). Jalur IFR adalah jalur penerbangan yang tidak bisa dilakukan dengan navigasi visual (misalnya penerbangan lintas samudra), melainkan dengan bantuan beacon radio di darat. Sedangkan pada penerbangan visual atau dikenal dengan

VFR(Visual Flight Rule)
pilot bisa mengandalkan gunung, danau, sungai, gedung sebagai bantuan navigasinya. Masih ada Type Rating, yaitu kualifikasi khusus untuk menerbangkan jenis pesawat tertentu. Misalnya pilot yang biasa menerbangkan pesawat keluaran airbus (seri A340-200, 300, 500, 600) harus meratifikasi lagi kualifikasinya jika akan menerbangkan pesawat Boeng meski seri 737-200. Jadi menjadi seorang pilot tidak bisa dengan cara yang cepat dan gampang. Kualifikasi dan kemampuan yang tinggi tetap diperlukan.

HAL-HAL YANG BIASA DILAKUKAN CALON PENERBANG BILA INGIN MENJADI PILOT
 

Untuk menjadi seorang penerbang/pilot tidak segampang seperti yang kita bayangkan,karena kita menempuh banyak license untuk menerbangkan pesawat berpenumpang dan juga harus sesuai type Rating pesawat yang ingin kita kendarai.

Hal yang perlu diperhatikan bila kita sudah memutuskan untuk menjadi seorang pilot adalah :

1.) Kita harus menentukan setelah lulus SMU atau setingkat SMA lainnya SMK dll,sesuaikanlah kemampuan anda terhadap jalan yang anda akan lalui untuk mengambil PPL (Private pilot license) dalam artian sesuai kemampuan cost dan kemampuan kesehatan anda.
Bila anda memang tidak siap dalam cost anda dapat mencoba ikut beasiswa sekolah pilot yang banyak diadakan oleh maskapai penerbangan indonesia atau penerbangan militer,gratis (dengan catatan peserta yang banyak dan test yang ketat)
Bila anda mempunyai cost tapi tidak banyak,anda dapat mencoba mendaftar di STPI Curug dulu PLP curug (dengan catatan test yang ketat dan peserta yang banyak)

2.) Bila anda mempunyai cost anda dapat memilih sekolah penerbang di indonesia atau diluar Negri biasanya dalam test tidak serumit sekolah penerbang yang gratis dan berbiaya kecil.saya menyarankan di luar negri karena bisa sekalian part time,kerja diluar jam sekolah pilot.

3) Siapkanlah fisik anda dan juga pelajari cara cepat berkalkulasi matematik dan fisika,dan yang tidak kalah penting adalah bahasa inggris.
MENGAPA SEORANG LULUSAN SMK TIDAK BISA MENJADI PILOT
Memang pada awal dibukanya sekolah penerbang sipil maupun militer di indonesia,untuk menjadi seorang penerbang adalah harus dari lulusan
SMA A1 (IPA) tanpa alasan yang jelas mengapa harus seperti itu,setelah diselidiki ternyata alasannya adalah sesuai dengan CASR part 61 yang menjelaskan seorang calon penerbang harus dari lulusan its must be a high school graduated tanpa menjelaskan jurusan apa...??? Lalu mengapa ketika dulu seorang lulusan STM-SMT-SMK daftar tidak di terima di indonesia karena alasan bukan lulusan SMA-SMU (IPA).

Karena adanya pengecualian tersebutlah seorang lulusan STM meminta ijin visa sekolah,ke kedutaan Amerika (permitt education visa) untuk bersekolah penerbang di negeri paman sam.betapa kagetnya saya ternyata sekolah penerbang di America tidak sesulit syarat izin bersekolah penerbang di Indonesia,walaupun seorang lulusan STM,bahkan mereka berujar disini malah lebih banyak petani yang belajar terbang dan pelajar mahasiswa yang mengisi liburan musim panas,dan dia berujar pula bahwa yang dimadsud dengan lulusan senior high school pada CASR rmadsudnya adalah hanya lulusan,setingkat lulusan SMA bukan hanya SMA saja....????
Ternyata selain alasan pesawat cessna sekalipun merupakan barang mewah di indo ,dephub pun berujar hanya lulusan SMA IPA yang bisa ber
kalkulasi cepat dalam berhitung matematik dan Fisika.

1) Banyak orang beranggapan bahwa menjadi penerbang tidak boleh memakai kaca mata (minus)...????
sebetulnya seorang yang menyekolahkan atau dalam artian sekolah pilot gratis,sekolah pilot murah tentunya ingin mendapatkan calon2 pilot yang benar2 terbaik,maka tentunya mereka membuat aturan seperti itu.
karena hanya sekolah2 pilot yang gratis yang sering diadakan oleh airline indo dan murah serta penerimaan penerbang/pilot militer yang biasanya mengetatkan dalam penerimaan siswa-taruna didiknya.
karena diluar negri seorang calon siswa pilot boleh memakai kacamata hanya ada batasan (-) minus untuk menjadi seorang calon siswa disana.

3 comments:

  1. SalamTerbang"

    Sedikit memberikan informasi, yang mungkin berguna.. bahwa indonesia kekurang pilot 350 pertahunnya, jadi kesempatan besar untuk mewujudkan.


    Untuk rekan-rekan yang ingin sekolah PILOT & PRAMUGARI/A
    Ini adalah pekerjaan yang baik membayar sehingga anak muda mimpi untuk mengejar karir dalam penerbangan..
    Kami menawarkan kepada rekan-rekan yang ingin bergabung bersama kami di dunia penerbangan untukmewujudkan cita-cita anda.


    :: Program PILOT ::
    Program yang kami tawarkan :
    • Private Pilot Licence (PPL)
    • Commercial Pilot Licence (CPL)
    • Instrument Rating (IR)
    • Multi Engine (ME)
    • Total : 274 Jam terbang


    :: Program FLIGHT ATTENDANT ::
    • Sertifikat International
    • Tipe Rating Boeing 737-400
    Note : Hanya 3 Bulan studi (Lulus)

    Pendaftaran bisa ditanyakan lebih lanjut di :
    Twitter : @flight_ozone
    Phone : 081385000310
    Blackberry : 316810F9

    ReplyDelete
  2. LOWONGAN : PROFESIONAL STAFF/MANAGER ( RECRUITMENT DEPT/HRD AND FINANCIAL ADVISOR )
    ( Penghasilan : Rp.10 Juta - 40 Juta/Bulan , 110 Juta/Bulan setelah tahun ke-4)


    Lokasi Kerja di : Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor

    Persyaratan dan Benefit:
    - Pria atau Wanita
    - Usia 20- 45 tahun
    - Min. lulusan SMA,SMK,D3 dan S1
    - Rate Penghasilan : Rp.10 Juta-Rp.40 Juta/ Bulan
    - Mampu berkomunikasi dengan baik
    - Mampu bekerja dalam Team work
    - Dapat mengoperasikan komputer
    - Suka Tantangan
    - Mau belajar
    - Mau bekerja keras

    Kirim lamaran dan CV Anda via Email :

    E-mail ke : smartvisi@yahoo.co.id
    cc : hrd@smartvisi.com


    atau Registrasi ke : http://www.smartvisi.com/2013/06/registrasi-peluang-karir.html


    Hanya CV yang masuk melalui Email atau melalui Registrasi dan kandidat yang memenuhi syarat yg akan kami proses lebih lanjut di kantor kami :

    APL Tower lantai 33
    Jl. Jend. S. Parman Kav. 28
    Grogol-Jakarta Barat - 11470

    ReplyDelete
  3. Pilot semakin banyak dibutuhkan,,,karena industri penerbangan ,,,dan maskapai penerbangan terus bertumbuh,,,membutuhkan banyak penerbang,,,,

    ReplyDelete